perpustakaan online

Minggu, 07 Oktober 2012


TUGAS
METODE PENELITIAN SOSIAL
OLEH
NAMA                    : Furqon
NIM                         : 105080400111032
KELAS                  : S01
C:\Users\Public\Documents\logo picture\3.jpeg


AGROBISNIS PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2012





BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
      Pengertian metode, berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya.
      Penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, yang dilakukan dengan metode-metode ilmiah.

1.2 Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud variabel ?
2.    Apa yang dimaksud dengan data ?
3.    Apa yang dimaksud dengan masalah ?
4.    Apa yang dimaksud dengan informasi ?

1.3 Tujuan
1.    Mengetahui yang dimaksud dengan variabel.
2.    Mengetahui yang dimaksud dengan data.
3.    Mengetahui yang dimaksud dengan masalah.
4.    Mengetahui dan memahami yang dimaksud informasi.









BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian variabel
           
            Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan mmeperoleh lebih mudah memahami permasalahan. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah seudah mendapatkan jawabannya. Biasanya bentuk soal yang menggunakan teknik ini adalah soal counting (menghitung) atau menentuakan suatu bilangan. Dalam penelitian sains, variable adalah bagian penting yang tidak bisa dihilangkan (Akhiarif,2010).
Variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai. Dengan demikian, variabel adalah merupakan objek yang berbentuk apa saja yang ditentukan oleh peneliti dengan tujuan untuk memperoleh informasi agar bisa ditarik suatu kesimpulan. Secara teori, definisi variabel penelitian adalah merupakan suatu objek, atau sifat, atau atribut atau nilai dari orang, atau kegiatan yang mempunyai bermacam-macam variasi antara satu dengan lainnya yang ditetapkan oleh peneliti dengan tujuan untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan (Chandra,2009).

2.2 Pengertian data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep (Dhiera,2011)
Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui.
2.3 Pengertian masalah
Masalah adalah suatu kendala atau persoalan yang harus dipecahkan dengan kata lain masalah merupakan kesenjangan antara kenyataan dengan suatu yang diharapkan dengan baik, agar tercapai tujuan dengan hasil yang maksimal (Geoesa,2009).
Masalah merupakan suatu orientasi yang menjadi persoalan dalam suatu penelitian yang nantinya itu akan menjadi pokok bahasan dalam suatu penelitian. Tanpa adanya suatu masalah penelitian tidak bisa dilaksanakan. Masalah natinya akan menjadi acuan dalam penelitian sehingga masalah tersebut bisa terpecahkan dan bisa diketahui penyebabnya.
2.4 Pengertian informasi
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data (Dhiera,2011).
Informasi adalah suatu hasil dari penelitian sebuah masalah yang ada dalam masalah. Penelitian diharapkan bisa memberi informasi yang akurat kepada masyarakat sehingga masyarakat akan tahu tentang kebenaran dari suatu masalah dan dapat mencari solusi yang terbaik.




REFERENSI
Akhiarif. 2010.Pengertian variabel.http://carapedia.com/pengertian_definisi_variabel_info2017.html. Diakses tanggal 5 September 2012 pukul 18.32 WIB

Chandra.2009. definisi variabel. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2120715-definisi-variabel/#ixzz26MHacfJH. Diakses tanggal 5 September 2012 pukul 18.35 WIB.
Dhiera. 2011. Pengertian data dan informasi.http://flashnet.forumotion.com/t43-pengertian-data-dan-informasi. Diakses tanggal 6 September pukul 20.01 WIB.
Geoesa.2009. Pengertian masalah.http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2020002-pengertian-masalah/#ixzz26MKQKlnc. Diakses tanggal 6 September 2012 pukul 20.06 WIB.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar