perpustakaan online

Selasa, 17 April 2012

Makalah praktikum magang di pusat pembenihan ikan di Blitar jawa timur


KATA PENGANTAR
Puji sukur kehadirat Allah SWT. Dengan segala kekuasaannya menjadikan kita sebagai mahluk yang paling sempurna di bandingkan mahluk-Nya yang lain. Salawat dan salam senantiasa tetap tercurah kepada baginda kita Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabat dan seluruh umatnya yang insya Allah kita termasuk salah satu didalamnya.
Laporan ini saya susun untuk memenuhi salah satu persyaratan yang telah disepakati antara pihak mahasiawa yang magang dengan instansi terkait. Terselesainya laporan ini tidak terlepas dari bimbingan semua pihak. Laporan ini dapat selesai berkat bantuan semua pihak maka dari itu kami ingin mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan selama ini dan tidak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada :
1. Allah SWT atas rahmat dan ridho yang telah dilimpahkanNya, kami dapat menyelasaikan magang dengan tepat waktu.
2. Bapak Prof.Dr.Ir.Edy Suprayitno, MS selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.
3. Bapak Dr.Ir.Nuddin Harahap, MP selaku Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.
4. Bapak Drs.Ec. Teteng Rukmocondro selaku Kepala Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar.
5. Ibu Ir.Sad wahyuningtyas selaku Kepala UPTD BBI Kota Blitar.
6. Serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang dimana telah berpartisipasi membantu dalam segala hal yang berkaitan dengan proses kegiatan magang dan penyusunan laporan ini.

            Malang, 5 Maret 2012

     Penulis



iii

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan……………..…………………………………………………. i
Identitas Perusahaan ……………………………………………………………… ii
Kata Pengantar …………………………………………………………………… iii
Daftar Isi …………………………………………………………………………... iv
BAB I. Pendahuluan ………...……………………………………………………... 1
1.1 Latar belakang ………………………………………………..……….... 1
1.2 Tujuan Magang …………………………………....………….…….….. 1
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan ……………………….…………..……….. 1
BAB II. Gambaran Umum ……………………………..….………………...……. 2
2.1 Sejarah Singkat BBI Blitar ……….………..…………………………… 2
2.2 Visi dan Misi BBI Blitar …………………...…………………………... 2
2.3 Jenis Budidaya di BBi Blitar ………………………………..…….……. 3
BAB III. Analisa Pembahasan ………………………………….…….…………… 4
3.1 Jurnal Kegiatan Mahasiswa ………….…………………….…………… 4
3.2 Deskripsi Umum BBI Blitar …………..………………….…………….. 4
3.3 Analisa Kualitas BBI ………………………………….…………..……. 5
BAB IV. Penutup ……………………….……………………..…………………… 6
4.1 Kesimpulan ………………………….………………….………….…… 6
4.2 Saran …………………………..……………………………….……….. 6
LAMPIRAN …………….………………………………………………..………… 7
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………. 8



iv
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengaruh pada era Globalisasi membawa dampak ganda yaitu disatu sisi era ini membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama dalam bidang bisnis dan managemen, disisi lain era ini juga membawa persaingan yang sangat ketat dibidang teknologi. Oleh karena itu, kita sebagai penerus dimasa yang akan datang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat. Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Brawijaya melalui Tri Dharma Pendidikan adalah dengan mengadakan salah satu program intern fakultas yang diselenggarakan oleh masing-masing himpunan melalui program magang kerja di berbagai instansi pemerintahan atau perusahaan swasta.
BBI Kota Blitar merupakan salah satu instansi pelayanan publik yang berkualitas dengan salah satu ciri Good Governance sebagai tujuan dari pendayagunaan aparatur negara. Dalam kerangka pelayanan publik, aparatur negara (PNS) harus senantiasa memperhatikan dinamika masyarakat. Dari dasar itulah maka dapat kita jadikan acuan bahwa potensi dan program kerja yang ada di BBI Kota Blitar adalah salah satu yang terbaik dan perlu kita perhatikan khususnya guna mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten di era globalisasi.
1.2 Tujuan Magang
Dengan adanyakegiatan magang, ilmu yang diperoleh dari dunia perkuliahan dapat dirasakan manfaatnya dan dikembangkan dilapangan, dan siswa juga mendapatkan wawasan baik secara teori maupun secara praktek di lapang. Serta menumbuhkan jiwa mandiri dan entrepreneurship pada diri mahasiswa.
1.3 Tujuan Pembuatan Laporan
Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa / mahasiswi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Adapun tujuan dan manfaat dalam pembuatan Laporan magang ini antara lain :
1.     Menghasilkan ilmu teori empiris yang didapat dari bangku perkuliahan dan ilmu praktek secara yang secara  langsung turun ke dalam dunia perikanan budidaya.
2.     Untuk mendapatkan pengalaman sebagai bahan perbandingan antara teori yang didapat di sekolah dengan praktek kerja yang sesungguhnya.
3.     Meningkatkan kemampuan  kreativitas mahasiswa/mahasiswi dalam penulisan yang bersifat Objektif dan ilmiah.
1
II. GAMBARAN UMUM

2.1 Sejarah Singkat BBI Blitar
Balai Benih Ikan Kota Blitar sebagaimana dimaksud dalam pasal 50 ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2002 mempunyai tugas pokok membantu pemerintah dalam menyelenggarakan sebagian urusan di bidang  perikanan dan penyuluhan dalam wilayah Kota Blitar dan sekitarnya. Balai Benih Ikan kelurahan rembang merupakan salah satu basic perikanan budidaya di wilayah Blitar dan sekitarnya yang didirikan di lahan seluas 5 hektare dan masih berada di bawah kendali Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar.
Tahun 2010 ini Balai Benih Ikan (BBI) Kelurahan Rembang disulap menjadi agrowisata kebanggaan Kota Blitar. Di lahan seluas sekitar 5 hektar itu, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam tanaman buah, seperti kelengkeng, jambu biji, mangga, buah naga dan masih tanaman buah yang lain. Selain juga disediakan benih tanaman buah, tanaman anggrek dan benih ikan.
2.2 Visi dan Misi
Visi dan Misi BBI Blitar melaui Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Blitar antara lain adalah
VISI
“Terwujudnya masyarakat perikanan dan kelautan yang sejahtera melalui bisnis yang modern, tangguh, mandiri dan lestari serta terpadu dengan pembangunan wilayah”
MISI
a. Menciptakan sumberdaya manusia yang mampu mengemban amanat pelayanan kepada masyarakat
b. Meningkatkan posisi tawar pembudidaya ikan dan nelayan agar menjadi usahawan agrobisnis dan agroindustri yang mandiri, tangguh serta berdaya secara kelembagaan
c. Meningkatkan upaya pengembangan kawasan agrobisnis dan agroindustri perikanan dan kelautan yang semakin terpadu dengan pengembangan wilayah
d. Mengelola potensi sumberdaya perikanan dan kelautan secara optimal, efektif, efisien, produktif, berdayaguna dan berhasil guna dengan mengutamakan pembangunan agrobisnis dan agroindustri yang ramah lingkungan

2

2.3 Jenis Budidaya di BBI Blitar
Jenis kegiatan budidaya yang ada di Balai Benih Ikan kelurahan rembang diantaranya ada budidaya ikan nila, ikan lele, ikan sidat, serta ikan koi. Untuk pembudidayaan ikan sidat bahkan pihak BBI sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan investor dari jepang dan untuk budidaya ikan koi, di tempat ini merupakan salah satu sentra koi terproduktif dan terpercaya di kawasan Blitar dan sekitarnya.
Pertama, untuk budidaya ikan nila. Pihak BBI tidak hanya memproduksi benih nila yang unggul, tetapi juga memproduksi jenis ikan nila induk yang produktif. Salah satu manfaat dari pembudidayaan ikan nila ini menurut Agus, 2010 adalah kemampuan untuk berproduksi cukup tinggi antara 2-3 bulan dari bibit dan ikan nila dewasa akan dapat menghasilkan telur sendiri setiap 2 bulan sekali.
Kedua, untuk budidaya ikan lele. Di BBI Blitar terdapat jenis lele dumbo dan sebagian lele sangkuriang. Untuk budidaya lele di berbagi BBI di seluruh Indonesia sudah umum karena lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup populer di masyarakat. Ikan ini berasal dari Benua Afrika dan pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 1984. Karena memiliki berbagai kelebihan, menyebabkan, lele dumbo termasuk ikan yang paling mudah diterima masyarakat. Kelebihan tersebut diantaranya adalah pertumbuhannya cepat, memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang tinggi, rasanya enak dan kandungan gizinya cukup tinggi. Maka tak heran, apabila minat masyarakat untuk membudidayakan lele sangat besar ( Havan, 2009 ).
Ketiga, ikan sidat, pembudidayaan ikan sidat pada BBI Blitar ini menggunakan konsep tertutup yakni budidaya pada kolam permanan memanjang dengan perlakuan ekstra intern. Menurut Hendrawan, 2011 ikan sidat adalah salah satu jenis ikan yang dianggap sangat bermanfaat bagi manusia ( Jepang dan Korea) adalah ikan belut atau sidat atau eel ( anguilla bicolor) karena dengan mengkonsumsi ikan secara teratur bangsa Jepang dan Korea disamping memacu pertumbuhan tinggi badan juga menstimulasi intelektual bangsa dan menjadi mereka sebagai negara industri dan modern.
Dan yang terakhir adalah budidaya ikan koi yang merupakan salah satu ikon ikan kota Blitar. Sistem pembudidayaan ikan koi disini hamper mirip dengan model budidaya ikan koi pada umumnya baik itu dari perlakuan sampai prosedur pemijahan. Menurut Hadizafa, 2011 ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Makanannya tidak selalu harus spesial karena termasuk binatang pemakan tumbuh-tumbuhan dan hewan (omnivira). Pellet merupakan santapan utamanya. Pemeliharaan koi dilakukan di kolam semen, kolam tanah, atau kolam taman. Pemeliharaan koi dalam aquarium tidak dianjurkan, Karena ikan tersebut membutuhkan areal berenang yang luas dan dalam pergerakannya.
3
III. ANALISA PEMBAHASAN

3.1 Jurnal Kegiatan Mahasiswa
Dalam kegiatan magang di BBI Kota Blitar, mahasiswa tidak hanya memperoleh ilmu secara aplikatif, tetapi juga di imbangi dengan teori-teori yang ditatarkan oleh pihak pendamping dari BBI. Berikut laporan kegiatan selama magang di BBI Kota Blitar ;
Tanggal
Jenis Kegiatan
24 Januari 2012
Pengenalan lokasi dan studi tempat
25 Januari 2012
Menguras kolam nila dan sharing tentang pembudidayaan ikan koi
26 Januari 2012
1. Membersihkan kolam ikan koi anak-an
2. Mempelajari dan melihat cara perlakuan pada budidaya ikan sidat
27 Januari 2012
Sharing tentang kontruksi bangunan kolam
30 Januari 2012
Memberi pakan ikan dan melayani penjualan benih ikan nila
31 Januari 2012
Menguras kolam ikan nila dan mempelajari bentuk morfologi ikan nila
1 Februari 2012
Memindahkan bibit-bibit ikan nila kedalam kolam baru dan sharing tentang jenis penerapan sistem budidaya yang cocok dengan lingkungan sekitar
2 Februari 2012
Sharing tentang sistem reproduksi pada berbagai jenis ikan
3 Februari 2012
Dokumentasi gambar-gambar budidaya ikan yang ada di BBI Blitar

3.2 Deskripsi Umum BBI Blitar
BBI Kota Blitar merupakan satu diantara beberapa BBI yang ada di kawasan Kab/Kota Blitar. BBI ini berlokasi di Kelurahan Rembang Kec. Sanan Kulon Kota Blitar dengan luas total 5 hektare. Dalam sistem kerjanya BBI Rembang ini masih berada di bawah kendali Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar dan dalam tatanan perikanan kantor BBI ini sekaligus merangkap sebagai Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Blitar yang berada di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Dinas Kota Blitar, di BBI ini sendiri juga sering digunakan untuk kegiatan resmi maupun non resmi seperti magang, PKL, penyuluhan, acara mincing bersama, maupun kegiatan sosialisasi dari pemerintah yang berlabel resmi.
Di BBI Rembang Kota Blitar terdapat empat jenis ikan yang dibudidayakan, yakni ikan sidat, nila, koi, dan lele. Dengan fasilitas kolam permanen dan semi permanen kurang lebih 14 buah dan kolam permanen untuk budidaya ikan sidat kurang lebih ada 11 kolam. Sistem pengelolaan BBI ini ada yang dikelola secara mandiri oleh BBI sendiri dan ada pula yang merupakan proyek kerjasama seperti pada budidaya ikan sidat.
4
Yang dimana budidaya ikan ini merupakan proyek kerjasama pihak BBI dengan PT. Lagerheans dari investor jepang. Untuk kantor keperluan administrasi, di BBI ini masih menjadi satu komplek dengan kantor dinas pertanian. Dalam perjalanannya BBI Kel. Rembang ini tidak hanya menyediakan benih-benih ikan yang siap dijual ke mayarakat atau pembeli, tetapi juga memproduksi ikan-ikan induk-an serta ikan yang sudah siap produksi walaupun hanya beberapa jenis tertentu saja. Selain itu, juga ada tempat penyewaan pemancingan hasil kerjasama pihak BBI dengan pihak luar, serta ada juga kolam – kolam yang memang benar-benar disewakan atau dikomersilkan.
3.3 Analisa Kualitas BBI
Kondisi BBi Blitar ditinjau dari segi kualitas maupun kuantitas kinerja, sebenarnya sudah cukup baik dan program kerja yang diterapkan juga sudah cukup efisien. Di bawah ini kami beri perbandingan kualitas yang ada di BBI Kelurahan Rembang Kota Blitar dengan BBI Ciganjur Jakarta Selatan yang digadang-gadang sebagai BBI yang memiliki sarana prasarana yang memadai juga kualitas sumber daya yang mumpuni.
Jenis Pengembangan Produksi
BBI Ciganjur
BBI Blitar
Pengadaan pakan ikan yang berkualitas
Ada
Ada
Pengadaan pupuk kolam ikan
Ada
Ada
Pengadaan induk ikan yang berkualitas
Ada
Ada
Pengadaan obat-obatan ikan
Ada
Ada
Audit sistem mutu benih ikan
Ada
Belum ada
Evaluasi pendataan produksi ikan
Ada
Belum ada
Visualisasi teknik budidaya ikan air tawar
Ada
Belum ada
Kaji terap pembenihan ikan
Ada
Ada
Sosialisasi teknologi pembenihan ikan
Ada
Belum ada
Pengendalian hama dan penyakit
Ada
Ada
Pengadaan peralatan perikanan
Ada
Ada
Evaluasi pemeriksaan kualitas air BBI dengan perairan umum
Ada
Belum ada
Evaluasi distribusi bantuan benih ikan
Ada
Belum ada
Perawatan kolam dan saluran
Ada
Ada
Peningkatan SDM UPT di BBI
Ada
Ada
Pengadaan pakan ikan berkualitas
Ada
Ada
Peningkatan kualitas administrasi ketatausahaan
Ada
Ada
Peningkatan sarana dan prasarana kantor
Ada
Ada
Kaji terap pemuliaan induk ikan
Ada
Belum ada
Tabel Perbandingan kualitas dan kuantitas BBI
Dari tabel perbandingan diatas dapat dikatakan bahwa kualitas sumberdaya dan system kerja yang ada di BBI Blitar sudahlah cukup baik dan produktif.
5

IV. PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Jenis kegiatan budidaya yang ada di Balai Benih Ikan kelurahan rembang diantaranya ada budidaya ikan nila, ikan lele, ikan sidat, serta ikan koi. Untuk pembudidayaan ikan sidat bahkan pihak BBI sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan investor dari jepang dan untuk budidaya ikan koi, di tempat ini merupakan salah satu sentra koi terproduktif dan terpercaya di kawasan Blitar dan sekitarnya.
Ternyata didunia PNS (Pegawai Negeri Sipil) lebih menyenangkan pekerjaannya pun ringan tidak seberat pada waktu tahap belajar (pendidikan) hanya saja tanggung jawabnya lebih besar dan harus bersikap lebih dewasa lagi.
4.2 Saran
Alhamdulillah saya bersyukur karena dapat mendapatkan ilmu baru yang tidak saya dapatkan di kampus,tetapi masalah kedisiplinannya pun masih kurang bagi karyawan BBI kota Blitar.Perlu ditingkatkan lagi sebagai tugas karyawan untuk bela negara atau jika perlu diberi pelajaran tentang kewarganegaraan agar tanggung jawab sebagai karyawan dapat dilaksanakan dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

Agus, 2010. Bagaimana Membudidaya ikan Nila. Diakses pada http://ikannila.com/Bagaimana-membudidaya-Ikan-Nila.htm. Malang 6 Maret 2012
Hadizafa, 2012. Cara Budidaya dan Merawat Ikan Koi. Diakses pada http;//peluangusaha-oke.com. Malang 6 Meret 2012
Havan, 2009. Pembenihan Ikan Lele Dumbo. Diakses pada http://bbat-sukabumi.tripod.com/lele.html. Malang 5 Maret 2012
Hendrawan, 2011. Investasi budidaya Ikan Sidat ( Anguilla sp ). Diakses pada http://kagindi.indonetwork.co.id/405787/.html Malang 3 Maret 2012.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar